Minggu, 20 Agustus 2017

Makanan Yang Harus Di Hindari Penderita Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan salah satu penyekit yang tidak hanya menyerang orang tua atau lansia, namun dapat menyerang pada orang dewasa atau kaum muda juga bisa beresiko terken kolesterol tinggi.

Kolesterol disebabkan karena pola makan yang tidak dan jarangnya melakukan olahraga. Gaya hidup yang tidak sehat seperti berikut sangat beresiko terkena atau mengidap penyakit kolesterol tinggi, seperti serig mengkonsumsi makanan instan, junkfood, gemar menikmati seafood, malas untuk  bergerak dan berolahraga.

Apabila kadar kolesterol men ingkat dengan cepat maka dapat mengakibatkan atau rentan terkena berbagai serangan penyakit lainnya seperti datangnya penyakit stroke dan serangan jantung.

Kolesterol memiliki 3 macam yang terdapat dalam tubuh yaitu LDL, HDL, dan trigliserida. Berikut batas normal koklesterol yang terdapat dalam tubuh :

  • LDL(kolesterol  jahat) batas normalnya adalah kurang dari 159 mg/dL. Jika kadar klesterol tersebut semakin meningkat maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kadar LDL yang meningkat akan lebih baik apabila di turunkan.
  • HDL(kolesterol baik) batas normalnya adalah 150 mg/dL. Semakin tinggi kadar kolesterol yang terdapat dalam HDL maka akan semakin  baik bagi tubuh.
  • Trigliserida memiliki batas normalnya adalah kurang dari 150 mg/dL. Jika kadar trigliserida semakin tinggi juga tidak baik bagi kesehatan tubuh karena akan menimbulkan berbagai penyakit.
 Makanan yang harus di hindari olaeh penderita kolesterol tinggi :

  • Seafood
Makanan yang harus di hindari bagi penderita klesterol tinggi yang pertama adalah seafood.  Karena di dalam sepuluh gram seafood mengandung kadar LDL yang sangat tinggi, Maka sebaikny hindari makanan seafood atau bila ingin mengknsumsi makanan seafood tidak boleh lebih dari sepuluh gram.
  • Santan dan minyak kelapa
kandungan yang dimiliki di dalam santan dan minyak kelapa adalah merupakan dalah satu lemak jenuh dan mengganggu kadar kolesterol sebanyak 185 mg, sebaiknya bagi penderita kolesterol menghindari makanan ini.
  • Daging unggas
Beberapa unggas yang memiliki kadar LDL yang tinggi di antaranya adalah ayam dan bebek, jika ,hat tersebut mengkonsumsi beserta kulit-kulitnya maka mengandung 160-165 mg/dL kolesterol dengan sekali makan.
  • Daging merah
Daging merah yang harus di hindari adalah sepeti daging sapi dan daging kambing. Daging sapi dan daging kambing merupakan salah satu daging yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan lemak jahat bagi tubuh.
  • Gula berlebihan
Apabila mengkonsumsi gula dengan berlebihan maka semakin lama dapat membuat gemuk dan beresiko terkena kolesterol, jka terjadi obesita atau kelebihan berat badan maka klesterol dalam tubuh akan sulit di larutkan.
  • Kue dan roti
Kue dan roti merupakan salah satu yang dapat menyebabkan terjadinya kolesterol, hal tersebut karena kue maupun roti terbuat dari mentega, susu, dan telur, ket.iga  bahan tersebut memiliki kolesterol yang sangat tinggi apalagi bila di campurkan dengan pemanis dalam kue.
  • Jagung bakar
Jagung bakar adalah merupakan salah satu yang mengamdung lemak jenuh sebanyak 60 gram dan di tambah lagi saat memasaknya dengan mentega yang menambah kalori dan menjadi sumber kolesterol yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar