Sabtu, 19 Agustus 2017

Kolesterol Tinggi

Kolesteroltinggi merupakan salah satu kondisi di mana anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah. Pada umumnya tubuh tidak menunjukan gejala tertentu. Oleh karena itu banyak orang tidak menyadari bahwa kadar kolestrol mereka sudah terlalu tinggi.


kolesterol tinggi.

Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi jauh lebih rentan terjangkit berbagai penyakit seperti penyempitan arteri, penggumpalan darah, stroke, dan serangan jantung. Jumlah kolesterol yang normal adalah kurang dari 200 mg/dL.

Kolesterol dapat menyebabkan berbagai penyakit-Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang timbul diakibatkan oleh terbentuknya plak di dinding pembuluh darah arteri. Plak tersebut terbentuk dari kolesterol/lemak, kalsium serta zat lainnya yang  dapat menyumbat aliran darah. Kondisi tersumbatnya pembuluh darah akibat dari terbentuknya plak ini disebut dengan Aterosklerosis.
Semakin lama, plak yang terbentuk akan menumpuk dan membatasi beredarnya darah yang mengandung oksigen ke jantung kita. Pada akhirnya dinding pembuluh darah tersebut akan mengeras dan mengalami keretakan yang mengakibatkan penggumpalan dalam pembuluh darah, dan apabila penggumpalannya terlalu besar maka bisa saja aliran darah pada pembuluh darah koroner tersebut benar-benar tersumbat.
Tersumbatnya pembuluh darah ini menyebabkan banyak penyakit karena bagian-bagian seperti jantung dan otak sangatlah membutuhkan pasokan darah yang mengandung oksigen. Kurangnya pasokan oksigen pada jantung dapat menyebabkan angina atau serangan jantung yang ditandai oleh rasa sakit di bagian jantung seperti tertekan. Untuk kasus angina, rasa sakit ini dapat dirasakan juga pada bagian tubuh lain seperti tangan, lengan, leher, rahang, dan punggung. Serangan jantung terjadi apabila pasokan oksigen dalam darah pada otot jantung berkurang dan menyebabkan otot tersebut mati. Hal ini dapat menyebabkan kematian pada penderitanya apabila tidak ditangani secara serius.
Apabila kita secara rutin memperhatikan kadar kolesterol dalam darah apakah masih dalam batasan normal, maka kita dapat dapat memperlambat, mengurangi, dan bahkan mencegah terjadinya berbagai berbagai penyakit yang dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar